24 May 2012

PEMPROGRAMAN APLIKASI PLATFORM TERBUKA BERBASIS XML WEB SERVICES (STUDI KASUS: KOLABORASI APLIKASI DAN PERTUKARAN DATA KEPENDUDUKAN DENGAN CATATAN MEDIS)

PEMPROGRAMAN APLIKASI PLATFORM TERBUKA BERBASIS XML WEB SERVICES (STUDI KASUS: KOLABORASI APLIKASI DAN PERTUKARAN DATA KEPENDUDUKAN DENGAN CATATAN MEDIS)


Arianto, Hatmoko Tri and Satoto, Kodrat Iman and Prasetijo, Agung Budi (2011) . Jurnal  Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

Abstract

XML Web Services akan berfungsi sebagai solusi untuk masalah komputasi terdistribusi (distributed computing) dan sebagai model e-bisnis masa depan. XML Web services sebagai sebuah pondasi untuk komputasi terdistribusi melalui jaringan komputer. XML Web Services menggunakan standar terbuka (internet) dan terfokus pada komunikasi dan kolaborsi antar orang dan aplikasi, untuk membuat sebuah lingkup dimana XML Web services menjadi sebuah platform untuk integrasi aplikasi secara terbuka. Aplikasi tersebut dikembangkan menggunakan beraneka XML Web services dari berbagai sumber yang bekerja bersama – sama tanpa memperhatikan dimana mereka berada atau bagaimana mereka mengimplementasikan.
 Implementasi Teknologi XML mengurangi hambatan dikarenakan kesulitan kerjasama antar operasi (interoperability) dan antar platform. Sebuah studi kasus pengembangan kerjasama antar aplikasi dan data Kependudukan dan Catatan Medis pada platform yang berbedabeda. Kata kunci: XML web Services, komputasi terdistribusi, Internet generasi ketiga, komuniksi antar bisnis, kerjasama antar operasi yang berbeda, aplikasi multiplatform.

Download as PDF  -  Download as WORD  -  Call FACEBOOK

2 comments:

info seputar ikan said...

Sudah banyak tulisannya yha...Sukses selalu buat Pak Abdillah....semoga di bulan Ramadhan tetap kreatif menulis.

Abdi Love U said...

Saya bukan penulis Pak tapi saya hanya seorang Pemulung, ngumpulin penelitian orang lain yang di share gratis dan saya tata supaya mudah diakses dengan mudah dan dimanfaatkan oleh teman2 yang butuh. biar lebih bermanfaat.