24 May 2012

APLIKASI E-LEARNING MENTORING AGAMA ISLAM FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO


Wicaksana, Muhammad Guruh and Somantri, Maman and Prasetijo, Agung Budi (2011). Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

ABSTRAK 

Teknologi informasi berkembang sangat cepat dan makin diperkuat keberadaannya dengan adanya internet yang sudah tersebar diseluruh dunia, sehingga hampir semua masyarakat dapat menggunakan  internet. Dengan adanya internet arus informasi makin cepat berputar kepada masyarakat dan aplikasi-aplikasi teknologi informasi mulai bermunculan. Aplikasi-aplikasi tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakannya, diantaranya e-mail, video conference, mailing list, chatting, e-learning  dan lainnya.  
    
Tugas akhir ini mengimplementasikan sistem e-learning pada mentoring agama Islam di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Sistem e-learning  sangat potensial untuk membuat proses mentoring  lebih efektif,  sebab peluang mentee untuk berinteraksi dengan  pementor,  antarmentee, maupun bahan belajarnya terbuka lebih luas.  Mentee  dapat berkomunikasi dengan pementornya kapan saja melalui internet. Melalui e-learning, para mentee dimungkinkan untuk tetap dapat belajar sekalipun tidak hadir secara fisik di dalam pertemuan mentoring mingguan. Kegiatan mentoring menjadi sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan ketersediaan waktu para mentee. Kegiatan pembelajaran terjadi melalui interaksi mentee  dengan sumber belajar yang tersedia dalam aplikasi e-learning dan dapat diakses dari internet.  

Aplikasi e-learning ini dapat digunakan sebagai fasilitas penunjang dari mentoring agama Islam yang menggunakan cara konvensional dimana peserta mentoring bertemu tiap minggunya dengan pementor masing-masing. Dengan aplikasi e-larning  pada mentoring agama Islam, mentee  dapat berinteraksi dengan pementornya dimanapun dan kapanpun mereka berada. Dengan prasyarat mereka terkoneksi dengan internet.

Kata kunci : e-learning, teknologi informasi, internet,  mentoring agama Islam 

Download Pdf  -  Call Facebook

No comments: