24 May 2012

APLIKASI e-LEARNING PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO BERBASIS PHP DAN MySQL



Adi, Henri Satriyo and Satoto, Kodrat Iman and Prasetijo, Agung Budi (2011) Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip. 

 Abstract

Perkembangan teknologi Internet yang pesat telah memacu munculnya berbagai aplikasi baru termasuk di bidang pendidikan. e-Learning adalah salah satu revolusi di bidang pendidikan berbasis teknologi Internet. e- Learning diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pengembangan sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang lebih rendah di masa mendatang. 
e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Dengan kata lain e-Learning adalah suatu usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet. 
Dimasa mendatang dimana semua manusia didunia dapat terhubung satu sama lain dengan menggunakan jaringan global, maka aplikasi e-Learning ini dapat menjadi salah satu solusi yang cepat dan murah didalam dunia pendidikan dengan didukung oleh teknologi yang jauh lebih berkembang daripada saat ini. Saat ini salah satu kendala didalam penerapan aplikasi ini adalah masih mahalnya jaringan internet di beberapa negara di dunia dan keterbatasan teknologi. 
 Pada tugas akhir ini akan dibuat suatu aplikasi web site berupa aplikasi e-Learning pada jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dengan menggunakan PHP (Hypertext Preprocessor) sebagai program aplikasi dan MySql sebagai server basis data. Dengan salah satu aplikasinya adalah “ruang kuliah maya” menggunakan software Real Producer, Real Player dan Real Server sebagai pembangun aplikasi data streaming.

Download Pdf  -  Call Facebook

No comments: