ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh customer relationship marketing,
nilai nasabah dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya
kepada peningkatan loyalitas nasabah. Penggunaan variable-variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian
terdahulu, yaitu: Tax, Brown dan Chandrasekaran (1998), Mital, Ross dan
Baldasare (1998), Too, Souchon dan Thirkell (2000) dan Leo YM Sin et al (2002)
yang menemukan pengaruh langsung customer relationship marketing, nilai nasabah
dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah dan pengaruhnya terhadap
loyalitas nasabah. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan
permasalahan yang terjadi pada PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan,
yaitu tingginya tingkat kritik yang
diterima PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan yang berdampak pada loyalitas
nasabah yang rendah.
Sampel penelitian ini adalah nasabah PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan,
sejumlah 100 orang. Structural Equation
Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk
menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa customer relationship
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai nasabah dan
keunggulan produk, nilai nasabah dan keunggulan produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah, kepuasan nasabah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan loyalitas
nasabah, yang merupakan penyebab terjadinya tingginya tingkat kritik yang
diterima PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan perlu memperhatikan faktor-faktor
seperti customer relationship marketing, nilai nasabah, keunggulan produk dan
kepuasan nasabah, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi
rendahnya loyalitas nasabah. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian
mendatang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini
Download Pdf - Call Facebook
Download Pdf - Call Facebook
No comments:
Post a Comment