07 November 2012

Skripsi: ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH

ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH 
SEASONED EQUITY OFFERINGS  (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI dan melakukan SEO Periode 2005 – 2009)

SKRIPSI

Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Disusun oleh:  WIDYA PRABANDARI, NIM. C2A008153

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2012

ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of seasoned equity offerings (SEO) to the  financial  performance  and  stock  performance  of  companies.  In  addition  it aims to determine the changes in financial performance and stock performance of companies before and after the SEO. Financial performance is measured by four financial  ratios,  they  are  debt  to  equity  ratio  (DER),  return  on  assets  (ROA), current ratio (CR), and price to book value (PBV). While the stock performance is
measured using stock returns.

Seasoned  equity  offerings  are  the  additional  public  offerings  of  a company’s  shares  beyond  the  initial  public  offerings  (IPO), in  order  to  generate extra financing for business expansion, the expansion of investment, improve the capital structure or fulfillment of its liability, etc. Based on statistics of Indonesia Stock Exchange (BEI), there are 91 companies doing SEO in the period 2005 until 2009.  However,  only  31  companies  that  meet requirements  as  sample  for  this research.  Research  methods  used  are  the  Kolmogorov-Smirnov  to  test  the normality of the data. The result showed that the data are not normally distributed then  the  next  method  using  the  wilcoxon  signed  ranks  test. It  is  also  used  t  tests method, to see the results of hypothesis testing when using other testing methods.
The  results  showed  that  SEO  bring  a  positive  impact  or  an  average increase  in  the  ratio  of  ROA,  CR,  and  PBV.  But  SEO  has  a  negative  impact  on DER and stock returns, which the DER has increased post-SEO. SEO leads to an increase  in  stock  returns  in  the  second  year  after  the  SEO,  but  the  overall  stock return  declined  an  average  post-SEO. Although  results  vary,  but  generally  the rise and decline is so small that it does not have a significant impact on changes
in  financial  performance  and  stock  performance  after  the  SEO.  It  can  be concluded that the issuance of SEO, financial performance and stock performance has  not  changed  as  indicated  by  the  results  of  research  that  is  not  affected significantly.

Keywords  : seasoned  equity  offerings,  DER,  ROA,  CR,  PBV,  stock  returns,  financial  performance, stock performance, wilcoxon  signed  ranks test.

ABSTRAK

   Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  pengaruh seasoned  equity offerings (SEO) terhadap kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan. Selain itu  bertujuan  untuk  mengetahui  perubahan  kinerja  keuangan  dan  kinerja  saham perusahaan  sebelum  dan  sesudah  SEO.  Kinerja  keuangan  diproksi  dengan  empat rasio keuangan yaitu debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), current ratio  (CR),  dan  price  to  book  value  (PBV).  Sedangkan  kinerja  saham  diukur
dengan menggunakan return saham.
  Seasoned  equity  offerings  adalah  penawaran  saham  tambahan  di  luar initial  public  offerings  (IPO),  dengan  tujuan  mendapatkan  tambahan  dana  untuk kepentingan  ekspansi  bisnis,  perluasan  investasi,  memperbaiki  struktur  modal, dan tujuan lainnya. Berdasarkan statistik Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat 91 perusahaan  yang  melakukan  SEO  pada  periode  2005 –  2009.  Namun  hanya  31 perusahaan  yang  memenuhi  kriteria  sampel  penelitian.  Metode  pengujian  yang digunakan  adalah kolmogorov-smirnov  test  untuk  menguji  normalitas  data  dan karena  data  berdistribusi  tidak  normal  maka  selanjutnya  menggunakan  uji wilcoxon signed ranks test. Selain itu juga digunakan uji t test, untuk melihat hasil pengujian hipotesis apabila menggunakan metode pengujian lain.
  Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEO membawa dampak yang positif atau  terjadi  kenaikan  rata-rata  pada  rasio  ROA,  CR,  dan  PBV.  Namun  SEO berdampak  negatif  pada  DER  dan return  saham,  dimana  DER  mengalami kenaikan  rata-rata  pasca  SEO.  SEO  menyebabkan  terjadinya  peningkatan return saham  pada  tahun  kedua  setelah  SEO,  tetapi  secara  keseluruhan return  saham mengalami  penurunan  rata-rata  pasca  SEO.  Walaupun  hasilnya  beragam,  namun
secara garis besar terjadinya kenaikan dan penurunan tersebut kecil sehingga tidak memiliki  dampak  yang  signifikan  pada  perubahan  kinerja  keuangan  maupun kinerja  saham  sesudah  SEO. Dari  bukti-bukti  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa dengan  penerbitan  SEO, kinerja keuangan  dan  kinerja  saham  tidak  mengalami perubahan  yang  ditunjukkan  dengan  hasil  penelitian  yang  tidak  berpengaruh secara signifikan.

Kata  kunci  : seasoned  equity  offerings,  DER,  ROA,  CR,  PBV, return  saham,  kinerja keuangan, kinerja saham, wilcoxon signed ranks test.

Download Full PDF Format
Post a Comment