ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH
SEASONED EQUITY OFFERINGS (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI dan melakukan SEO Periode 2005 – 2009)
SKRIPSI
Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Disusun oleh: WIDYA PRABANDARI, NIM. C2A008153
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2012
ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of seasoned equity offerings (SEO) to the financial performance and stock performance of companies. In addition it aims to determine the changes in financial performance and stock performance of companies before and after the SEO. Financial performance is measured by four financial ratios, they are debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), current ratio (CR), and price to book value (PBV). While the stock performance is
measured using stock returns.
Seasoned equity offerings are the additional public offerings of a company’s shares beyond the initial public offerings (IPO), in order to generate extra financing for business expansion, the expansion of investment, improve the capital structure or fulfillment of its liability, etc. Based on statistics of Indonesia Stock Exchange (BEI), there are 91 companies doing SEO in the period 2005 until 2009. However, only 31 companies that meet requirements as sample for this research. Research methods used are the Kolmogorov-Smirnov to test the normality of the data. The result showed that the data are not normally distributed then the next method using the wilcoxon signed ranks test. It is also used t tests method, to see the results of hypothesis testing when using other testing methods.
The results showed that SEO bring a positive impact or an average increase in the ratio of ROA, CR, and PBV. But SEO has a negative impact on DER and stock returns, which the DER has increased post-SEO. SEO leads to an increase in stock returns in the second year after the SEO, but the overall stock return declined an average post-SEO. Although results vary, but generally the rise and decline is so small that it does not have a significant impact on changes
in financial performance and stock performance after the SEO. It can be concluded that the issuance of SEO, financial performance and stock performance has not changed as indicated by the results of research that is not affected significantly.
Keywords : seasoned equity offerings, DER, ROA, CR, PBV, stock returns, financial performance, stock performance, wilcoxon signed ranks test.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh seasoned equity offerings (SEO) terhadap kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan. Selain itu bertujuan untuk mengetahui perubahan kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan sebelum dan sesudah SEO. Kinerja keuangan diproksi dengan empat rasio keuangan yaitu debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), current ratio (CR), dan price to book value (PBV). Sedangkan kinerja saham diukur
dengan menggunakan return saham.
Seasoned equity offerings adalah penawaran saham tambahan di luar initial public offerings (IPO), dengan tujuan mendapatkan tambahan dana untuk kepentingan ekspansi bisnis, perluasan investasi, memperbaiki struktur modal, dan tujuan lainnya. Berdasarkan statistik Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat 91 perusahaan yang melakukan SEO pada periode 2005 – 2009. Namun hanya 31 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode pengujian yang digunakan adalah kolmogorov-smirnov test untuk menguji normalitas data dan karena data berdistribusi tidak normal maka selanjutnya menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Selain itu juga digunakan uji t test, untuk melihat hasil pengujian hipotesis apabila menggunakan metode pengujian lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEO membawa dampak yang positif atau terjadi kenaikan rata-rata pada rasio ROA, CR, dan PBV. Namun SEO berdampak negatif pada DER dan return saham, dimana DER mengalami kenaikan rata-rata pasca SEO. SEO menyebabkan terjadinya peningkatan return saham pada tahun kedua setelah SEO, tetapi secara keseluruhan return saham mengalami penurunan rata-rata pasca SEO. Walaupun hasilnya beragam, namun
secara garis besar terjadinya kenaikan dan penurunan tersebut kecil sehingga tidak memiliki dampak yang signifikan pada perubahan kinerja keuangan maupun kinerja saham sesudah SEO. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerbitan SEO, kinerja keuangan dan kinerja saham tidak mengalami perubahan yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yang tidak berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci : seasoned equity offerings, DER, ROA, CR, PBV, return saham, kinerja keuangan, kinerja saham, wilcoxon signed ranks test.
Download Full PDF Format
SEASONED EQUITY OFFERINGS (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI dan melakukan SEO Periode 2005 – 2009)
SKRIPSI
Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Disusun oleh: WIDYA PRABANDARI, NIM. C2A008153
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2012
ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of seasoned equity offerings (SEO) to the financial performance and stock performance of companies. In addition it aims to determine the changes in financial performance and stock performance of companies before and after the SEO. Financial performance is measured by four financial ratios, they are debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), current ratio (CR), and price to book value (PBV). While the stock performance is
measured using stock returns.
Seasoned equity offerings are the additional public offerings of a company’s shares beyond the initial public offerings (IPO), in order to generate extra financing for business expansion, the expansion of investment, improve the capital structure or fulfillment of its liability, etc. Based on statistics of Indonesia Stock Exchange (BEI), there are 91 companies doing SEO in the period 2005 until 2009. However, only 31 companies that meet requirements as sample for this research. Research methods used are the Kolmogorov-Smirnov to test the normality of the data. The result showed that the data are not normally distributed then the next method using the wilcoxon signed ranks test. It is also used t tests method, to see the results of hypothesis testing when using other testing methods.
The results showed that SEO bring a positive impact or an average increase in the ratio of ROA, CR, and PBV. But SEO has a negative impact on DER and stock returns, which the DER has increased post-SEO. SEO leads to an increase in stock returns in the second year after the SEO, but the overall stock return declined an average post-SEO. Although results vary, but generally the rise and decline is so small that it does not have a significant impact on changes
in financial performance and stock performance after the SEO. It can be concluded that the issuance of SEO, financial performance and stock performance has not changed as indicated by the results of research that is not affected significantly.
Keywords : seasoned equity offerings, DER, ROA, CR, PBV, stock returns, financial performance, stock performance, wilcoxon signed ranks test.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh seasoned equity offerings (SEO) terhadap kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan. Selain itu bertujuan untuk mengetahui perubahan kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan sebelum dan sesudah SEO. Kinerja keuangan diproksi dengan empat rasio keuangan yaitu debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), current ratio (CR), dan price to book value (PBV). Sedangkan kinerja saham diukur
dengan menggunakan return saham.
Seasoned equity offerings adalah penawaran saham tambahan di luar initial public offerings (IPO), dengan tujuan mendapatkan tambahan dana untuk kepentingan ekspansi bisnis, perluasan investasi, memperbaiki struktur modal, dan tujuan lainnya. Berdasarkan statistik Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat 91 perusahaan yang melakukan SEO pada periode 2005 – 2009. Namun hanya 31 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode pengujian yang digunakan adalah kolmogorov-smirnov test untuk menguji normalitas data dan karena data berdistribusi tidak normal maka selanjutnya menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Selain itu juga digunakan uji t test, untuk melihat hasil pengujian hipotesis apabila menggunakan metode pengujian lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEO membawa dampak yang positif atau terjadi kenaikan rata-rata pada rasio ROA, CR, dan PBV. Namun SEO berdampak negatif pada DER dan return saham, dimana DER mengalami kenaikan rata-rata pasca SEO. SEO menyebabkan terjadinya peningkatan return saham pada tahun kedua setelah SEO, tetapi secara keseluruhan return saham mengalami penurunan rata-rata pasca SEO. Walaupun hasilnya beragam, namun
secara garis besar terjadinya kenaikan dan penurunan tersebut kecil sehingga tidak memiliki dampak yang signifikan pada perubahan kinerja keuangan maupun kinerja saham sesudah SEO. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerbitan SEO, kinerja keuangan dan kinerja saham tidak mengalami perubahan yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yang tidak berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci : seasoned equity offerings, DER, ROA, CR, PBV, return saham, kinerja keuangan, kinerja saham, wilcoxon signed ranks test.
Download Full PDF Format
No comments:
Post a Comment